HyperText Thrones

← Posts

Reeder, aplikasi RSS reader

— 2 minute read (374 words) — in review

reeder app

Sebagai pengguna MacOS, dan juga pecinta RSS, agar bisa membaca isi dari situs yang sering diakses tanpa harus mengunjungi website-nya, dan jika website itu mempunya RSS Feed, maka bisa diakses dengan menggunakan RSS reader, yang akan menampilkan sebagian atau keseluruhan artikel yang ditulis di situs tersebut.

Sudah menggunakan banyak aplikasi rss reader, dari mulai Vienna, NewsFire, Google Reader, atau mungkin lebih tepatnya mantan pengguna Google Reader tentu masih inget bagaimana Google mematikan layanan ini, kemudian aplikasi NetNewsWire, sampai akhirnya sekarang menggunakan aplikasi Reeder.

Reeder merupakan aplikasi RSS reader berbayar, yang saat ini dibanderol dengan harga $4.99.

Fitur

Selain bisa membaca feed rss/atom dari website, Reeder memiliki fitur lain, yaitu bisa mengakses layanan read-it-later seperti Pocket, Instapaper, dan bisa juga mengakses layanan rss reader online seperti newsblur, feedly dan lainnya.

Fitur auto-find feed juga ada, jadi ketika memasukan link website, akan dicari otomatis link feed-nya jika ada oleh Reeder.

Reeder juga memiliki fitur untuk sharing, dan bisa mengkonfigurasikan aplikasi mana saja yang menjadi untuk share, di sini karena saya pengguna Pocket, maka sering share, simpan di Pocket.

Reeder juga sangat mudah untuk dikostumasi, ada pilihan untuk mengubah layout dan theme.

Membaca

Di Reeder ada beberapa mode baca yang bisa dipilih, ini tergantung dari selera, dan memang Reeder sudah menjadikan feed artikel menjadi ramah untuk dibaca, tidak ada banner, iklan dan lainnya yang membuat kita gak fokus.

Desain

Sisi desain, selain bisa mengubah layout dan juga theme seperti diurai di atas, desain aplikasi Reeder secara keseluruhan sangat intuitive, mudah dipahami, mudah untuk pindah dari sisi satu ke sisi lainnya.

Simpel mungkin kata yang tepat, tidak banyak tetek bengek, tidak banyak tombol yang bisa membuat bingung pengguna.

Penutup

Keputusan membeli Reeder setidaknya buat saya, tepat, dengan fitur yang untuk pribadi cukup, juga memenuhi semua standar teknologi, mudah digunakan, koneksi ke layanan bookmark online dan lain-lain.

Saya mengumpulkan News feed bookmark (dalam bentuk file OPML) bisa didownload direpo ini jika ada yang tertarik unduh, dan bisa dimport di RSS reader manapun yang memiliki dukungan terhadap file .OPML.


Comments