HyperText Thrones

← Posts

PUBG, Free Fire, Forthnight, Minecraft bukan sekedar game, tapi sebuah tempat

— 1 minute read (353 words) — in game, life

gaming stick

Photo by Pawel Kadysz on Unsplash

“Yuk Mabar!”

Celetuk anak, orang dewasa yang mengajak teman-nya untuk main bareng (mabar), yang biasanya sudah disepakati untuk bermain apa sebelumnya, biasanya game-game yang disebutkan di judul.

Kenapa game ini sangat adiktif? bahkan rela membeli diamond atau coin dengan uang beneran, dan diamond atau coin (bisa berbeda namanya, tapi tujuannya sama) itu merupakan mata uang didalam game untuk membeli item, bisa senjata, baju, atau sekedar tarian (emotes), yang harganya bisa bikin geleng-geleng, dan jangan lupa, ‘barang’ tersebut tak kasat mata, hanya melihatnya di layar.

Dengan gamer minecraft aktif perbulan bisa mencapai 112 juta orang, Fortnight 250 juta, Garena Free Fire 50 juta, coba kita renungi jumlah itu beberapa saat.

Kebanyakan game tersebut bisa didapatkan gratis, menjadikan banyak orang bisa masuk ke dalam dunia tersebut, dan bermain didalamnya.

Kenapa banyak sekali penggunanya? hal yang bisa saya pikirkan adalah game tersebut menawarkan suatu pelarian dari dunia nyata ke tempat fantasi, dimana orang bisa berbuat hampir apapun, bisa saling bunuh(!), membantu atau membangun rumah, gedung, mencari item yang langka sendiri atau bersama-sama, mencari senjata, mencari apapun yang game tersebut sediakan.

Game menawarkan kehidupan lain dalam suatu layar kecil, dunia dalam pixel, dunia yang menawarkan petualangan, bisa saling bercanda dengan teman sepermainan, bisa berantem juga, bahkan belajar bekerja sama agar timnya bisa menang dalam satu permainan, yang kemudian menghasilkan XP/badge atau apapun reward yang ditawarkan jika lewati tantangan.

Dunia yang disajikan dalam game bisa berubah, dinamis, menjadikannya lebih menarik, atau bahkan memiliki kesempatan untuk membuat dunia sendiri yang diinginkan oleh pemain.

Game-game itu sudah bisa menjadi dunia sendiri, tempat bermain, tempat berkumpul bersosialisasi, film seperti Sword Art Online, atau Ready player one adalah bentuk dari perubahan game menjadi semacam dunia sendiri, menjadi ‘kenyataan’ untuk gamer-gamer.

Note

Mungkin yang perlu diwaspadai mengenai game-game ini adalah penyakit Gaming Disorder, gunakan seperlunya, kejadian seperti ini menakutkan, dan ini yang ditakutkan setiap orang tua.


Comments