← back to home

Autopilot



Photo by Volkan Olmez

Pernah mengalami melakukan sesuatu tanpa harus berpikir? semua bisa dilakukan tanpa otak memproses, mengkalkulasi dan melakukan itu dengan cara otomatis, tanpa halangan, dan bahkan ekstrim-nya ada yang tidak ingat kita melakukan hal tersebut, saking sudah otomatisnya.

Ini yang disebut sebagai autopilot.

Autopilot ini kita lakukan hampir setiap hari, misalkan bernafas, mengedip, itu contoh dari autopilot, kita tidak perlu berpikir untuk bernafas, mengedip, semua dilakukan tanpa kita sadari, semua otomatis.

Hal lain yang saya sendiri sadari dilakukan secara autopilot adalah menyetir dan berjalan, terkadang ketika autopilot sedang aktif, saya sendiri akan lupa dan tidak akan awas akan sekitar, dalam artian, saya tidak akan ingat mobil apa, atau melihat apa saja ketika menyetir saat itu, dan mencoba mengingatnya ketika sudah sampai tujuan, memang terkadang ada gambaran sedikit di memori (residu), tapi sesudah itu lupa, hari-hari berikutnya kalau coba mengingat, akan sedikit kesusahan untuk asosiasikannya dengan waktu kejadian.

Apakah baik atau buruk Autopilot?

Menurut saya, iya dan tidak, iya jika hal tersebut membantu kita menyelesaikan tugas, aktivitas yang sedang dilakukan, pernah dalam satu saat, ada insiden di production, autopilot langsung melakukan pekerjaannya, login ke server, melakukan analisa log, dan otak sudah memberikan intruksi ke tangan apa saja yang diketik, kemana harus melakukannya, itu berguna, sangat berguna.

Autopilot bisa jadi buruk jika lingkungan sekitar banyak terjadi perubahan, dan iya, menyetir dengan pikiran autopilot sangat berbahaya, kita harus lebih awas dan sadar akan sekitar, karena banyak objek yang bergerak, dan butuh konsentrasi dan kesadaran.

Hal lain yang coba saya handari dari autopilot ini yakni kemampuannya untuk mengubah kebiasaan kita, semisal sedang mengantri atau sedang berada di tempat yang bagus pemandangannya, dan otak berpikir kita tidak sedang melakukan apa-apa, yang terjadi berikutnya adalah kita membuka handphone melihat media sosial atau berita, yang berarti kita tidak awas sekitar, dan kita juga akan melewatkan pemandangan bagus dan mensyukuri itu.

Dan juga Autopilot bisa bermanfaat, karena mengurangi mental bandwidth yang mengharuskan kita untuk berpikir, dengan mengurangi itu, pikiran kita bisa dialokasikan untuk hal lain yang memang membutuhkan pemikiran lebih.

Untuk menjadikan suatu aktivitas menjadi autopilot, yang pertama harus dilakukan menjadikan aktivitas tersebut suatu rutin, dan kemudian menjadi kebiasaan, habit, dan akhirnya berevolusi menjadi autopilot.


Tags: Self Development, Productivity, Psychology