← back to home

Direktori Newsletter



Photo by Letterlist

Membuat newsletter, atau email yang berisi informasi, update atau informasi lainnya, tergantung dari pemilik newsletter memang susah, dalam artian, susah memeliharanya, melakukan publikasi yang teratur.

Saya tahu karena mencobanya, sampai saat ini memang masih dalam tahap membangun dam membiasakan diri lebih banyak membaca, baik mengenai finansial, development, DevOps atau informasi umum yang sekiranya bermanfaat, setidaknya untuk saya sendiri.

Untuk yang suka berlangganan newsletter, misalkan saya, alasan berlangganan antara lain karena, newsletter itu informasi sudah dikurasi oleh kurator newsletter, dan terkadang ditambahkan komentar, sehingga mengurangi noise dalam signal, dan juga informasi yang disajikan lebih spesifik terhadap apa yang menjadi ketertarikan kita, passion, atau hal yang membuat kita ingin tahu lebih jauh.

Mencari newsletter sekarang lebih mudah, dengan adanya direktori newsletter yang sudah mengkategorikan daftarnya berdasarkan kategori-kategorinya, penyedia direktori newsletter ini seperti apa yang podcast aggregator lakukan, contohnya Breaker, Apple Podcast atau Google Podcast, penyedia direktori yang saya sendiri sering lihat-lihat antara lain,

Letterlist

Menampilkan banyak daftar dengan gambar-gambarnya, koleksi tidak begitu banyak menurut saya, tapi ditampilkan dengan visual yang bagus, yang dibagi ke dalam beberapa kategori besar, dan fitur login digunakan untuk agar bisa diotimasikan proses berlangganan newsletter yang dikurasi di LetterList.

InboxRead

InboxReads memiliki koleksi newsletter yang lumayan banyak, dan juga menyediakan fitur newsletter submission jika kita memiliki newsletter, jadi bisa ditampilkan di InboxReads.

Revue Discover

Discover memiliki daftar newsletter yang lengkap juga, dan juga memiliki fitur untuk newsletter submission seperti InboxReads.

InboxStash

Koleksi newsletter yang ditampilkan juga banyak, dengan UI yang bagus, dan memiliki fitur submission juga.

Dan mungkin masih banyak lagi sumber lainnya untuk direktori newsletter, meski bahkan dari daftar yang disebutkan di atas tentu ada newsletter yang beririsan.


Tags: Self Development, Newsletter, Podcast