← back to home

Pengguna Firefox



Photo by Dedenf

Pengguna browser Firefox menurun dari tahun ke tahun, dan banyak berita melaporkan bahwa pengguna Firefox berkurang sampai 46 juta orang selama 3 tahun ini.

Menurut saya, ini memang akan terjadi, banyak orang menggunakan Chromium sebagai browser utama, karena browser ini sudah terinstall secara default di masing-masing smartphone, Chromium di sini bisa jadi browser Chrome keluaran Google atau browser lain yang berbasiskan Chromium, termasuk browser defaul yang ada di smartphone merek Samsung.

Belum lagi untuk iPhone, browser selain Safari tetap menggunakan engine yang digunakan oleh Safari, jadi tidak menggunakan engine bawaan masing-masing browser.

Dan untuk desktop, setidaknya jika dilihat dari 2 sistem operasi, Windows dan MacOS, 2 sistem operasi ini menggunakan browser berbeda, Windows menggunakan Edge yang berbasis Chromium, dan MacOS menggunakan Safari yang berbasis Webkit.

Dari dua sistem operasi ini saja Firefox bisa dibilang “kalah”, karena semua sudah menjadi default terinstall, dan banyak pengguna yang tidak mau repot-repot install browser lain didalam komputernya.

Sedangkan Firefox menggunakan basis engine yang berbeda dari kedua browser di atas, dan secara garis besar, setidaknya ada 3 engine browser yang “bersaing”, Firefox dengan Gecko, Chromium dengan Blink dan Safari dengan Webkit.

Masih menggunakan Firefox

Saya sendiri masih jadi pengguna setia Firefox, dari versi awal, dan sepertinya ada banyak fitur yang ada di Firefox yang saya tidak bisa saya tinggal, salah satu fitur yang saya suka dan pakai selalu adalah fitur container, yang mengisolasi session, cookies, aktivitas dari container lainnya, apalagi dengan banyaknya website yang saling terhubung dengan fitur sosial, kalau kita login facebook/google di satu tab, jika kita berkunjung ke website lain yang memiliki koneksi ke Facebook, kemungkinan besar kita sudah “diikuti”.

Add-ons masih menjadi sumber untuk mencari aplikasi atau layanan yang bisa membantu saya dalam hal privacy, sebelumnya saya pernah menuliskan artikel mengenai privacy ini di sini.

Selain Firefox

Dan iya, saya juga menggunakan browser selain Firefox, browser kedua yang sering saya gunakan adalah Brave, yang menurut websitenya lebih berpihak pada pengguna, dan lebih fokus terhadap privacy penggunanya.

Karena saya menggunakan macOS maka Safari pasti ada, cuman jarang sekali saya menggunakan Safari, beberapa teman saya lebih suka Safari, tapi untuk saya sendiri ada banyak hal yang kadang mengganggu, seperti misalkan 1Password, password management yang saya gunakan, kadang saling bersaing dengan Keychain yang ada di Apple, sementara saya lebih suka menggunakan 1Password, karena lebih nyaman.

Masih akan terus turun?

Apakah pengguna Firefox akan terus turun? mungkin, bisa jadi, dengan gencarnya pengguna Android yang sudah pasti menggunakan browser Chrome sebagai browser utama, mungkin dari situ pulalah, Mozilla sebagai perusahaan pemilik Firefox memiliki aplikasi dan layanan lain yang bisa digunakan oleh pengguna seperti VPN, Pocket dan lainnya, sehingga bisa menarik pengguna baru yang membutuhkan layanan tersebut.


Tags: #writing, #firefox