← back to home

Dailyfound: 'Membantah Anggapan Lama tentang Pegawai Negeri Sipil'


Artikel yang menarik yang membahas mengenai mitos yang ada disekitar PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau sekarang dikenal dengan ASN (Aparatur Sipil Negara), artinya orang yang bekerja di lembaga atau badan negara, dipilih oleh negara, digaji oleh negara.

Untuk mitos ini, saya sering dengar, atau bahkan masih berpikir demikian, karena observasi melihat PNS di sekitar saya sendiri.

Salah satunya mengenai PNS itu santai,

Mungkin masih ada satu-dua PNS yang berkelakuan seperti itu. Namun, jangan buru-buru menyalahkan mereka juga. Jika melihat sejarahnya, PNS memang mengalami booming secara kuantitas sejak era orde baru. Pada awal orde baru PNS hanya berjumlah sekitar 400 ribu, lalu mendadak menjadi 2 juta di tahun 1980, dan meningkat tajam menjadi 4 juta-an di tahun 1993. Kenapa bisa demikian? Lonjakan jumlah PNS ini tidak lepas dari kepentingan untuk memperkuat posisi politik penguasa pada waktu itu.

Akibatnya, banyak PNS waktu itu tidak mendapatkan bagian tugas dan harus puas membaca koran dan main catur. Saat itu kondisi semacam itu tidak menjadi masalah karena kebijakan dan implementasinya sudah dirancang sedemikian rupa untuk berhasil.

Ada masalah yang inheren memang, dan mungkin untuk 2-4 generasi ini masih ada yang berkelakuan seperti ini.

Dari artikel ini ada titik terang, harapan, mengenai bagaimana PNS di masa depan.


Tags: #Opinion, #writing, #dailyfound