← back to home

In the Gut’s ‘Second Brain,’ Key Agents of Health Emerge →


Didalam artikel ini, menjelaskan bagaimana pencernaan memiliki peranan penting dalam memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, bagaimana satu tubuh ini melakukan harmony, proses pencernaan dari mulut, esofagus, perut, sampai ke usus dan keluar.

Proses pencernaan yang dimulai dari mulut sampai akhirnya ke area pencernaan perut, terutama di usus, ketika makanan tersebut selesai diproses di proses sebelumnya, dan akan diserap oleh tubuh, hal ini, terutama yang ada di usus, memiliki hal yang sama pentingnya dengan yang ada di otak kita.

Di pencernaan ini juga hidup banyak mikrobiom, ada bakteri, jamur, virus dan lainnya, yang menjadi satu kesatuan mikrobiom dalam pencernaan, perubahan mikrobiom di pencernaan bisa menimbulkan gangguan, bisa itu karena perubahan gaya hidup, bawaan, atau faktor lain, seperti misalkan covid-19, yang mana itu merusak kesehatan dari mikrobiom dalam pencernaan perut.

Gangguan pada mikrobiom pencernaan bisa menimbulkan antara lain obesitas, diabetes dan kanker.

Banyak penelitian yang muncul mengenai kesehatan pencernaan, ada hubungan dengan kejiwaan seseorang, dan bagaimana pencernaan ini berhubungan dengan otak, ada juga penelitian, terutama ketika Covid kemarin, ada banyak laporan mengenai kesehatan dari pencernaannya terganggu.