HyperText Thrones

By Deden Fathurahman
← Posts

Di kereta

Beberapa waktu ini, dengan pekerjaan baru yang jaraknya lumayan dari tempat tinggal, menuju tempat kerja yang di daerah utara dari arah selatan memang lumayan memakan waktu, dan dilakukanlah semacam eksperimen dengan menggunakan moda dan trayek yang ditempuh.

pertama yang saya coba adalah memakai bis transjakarta, dengan menaiki koridor 9 arah pluit, dan kemudian transit melanjutkan ke arah kota total waktu yang dibutuhkan 2.5 jam plus menunggu bis transit.

kemudian dicoba dengan menggunakan koridor 1 arah blok - kota, memakan waktu 2 jam, waktu yang masih cukup lama, karena yang paling memakan waktu adalah perjalan ke arah karet, kemudian dilanjut menuju halte transjakarta karet 2.

cara ke-3 adalah dengan menggunakan kereta, dengan menggunakan moda tersebut, sampai ke tempat kerja kurang lebih memakan waktu sejam, lebih cepat dari penggunaan 2 moda trayek di atas.

hal yang diperhatikan ketika menggunakan kereta, banyak orang yang saling kenal satu sama lainnya, walaupun mereka bukan teman sepekerjaan, banyak yang memang kenal di atas kereta ketika mereka menuju ke tempat yang sama atau melalui trayek yang sama.

hal yang baru, melihat orang yang terkadang saling sapa menanyakan “kemana aja, pak?”, mungkin mereka tidak saling kenal nama, tapi kenal dengan muka dan pembawaan masing-masing, teman bernama @randhaem, pengguna setia KRL commuter line bercerita, terkadang dia hafal dimana penumpang yang biasa bareng turun, terkadang tidak ada percakapan sebelumnya, dan saling tegur ketika salah satu dari mereka turun terlebih dahulu.

sepengalaman, hal baru ini tentu tidak akan ditemui di moda lain selain di kereta.

Published: September 8, 2014
Length: 1 minute read

Comments