HyperText Thrones

← Posts

Review: Mencoba reksadana dengan menggunakan aplikasi BIBIT

— 2 minute read (424 words) — in post

Investasi dengan instrumen Reksadana sekarang ini, dimudahkan dengan makin banyaknya penyedia layanan penjualan produk reksadana, agen-agen ini menggunakan teknologi sebagai basis, yang mana tentu sangat memudahkan investor yang secara waktu tidak banyak untuk berkunjung ke broker-broker atau agen penjual. Seperti yang pernah saya tulis dan review sebelumnya, seperti Bareksa, Investree dan TanamDuit, kali ini akan menuliskan review BIBIT.

Untuk informasi seputar personal finance dan artikel investasi lainnya, silakan buka Seputarfinansial.com.

Bibit merupakan aplikasi yang membantu untuk investasi anda melakukan investasi dalam produk reksadana, tersedia didalam Android atau iOS, dan juga web. Menurut situsnya, Bibit menggunakan teori Modern Portfolio, yakni diversifikasi portfolio, jadi tidak menjadikan hanya dalam satu tipe produk reksadana saja, tapi dipecah tergantung dari nilai risiko, nilai risiko ini didapat dengan kuisioner yang biasanya ditanyakan pada saat pertama kali registrasi.

Pembukaan Akun

Pembukaan akun hampir tidak perlu berpikir, mudah dilakukan dan munchkin hampir sama dengan akun tekfin yang lainnya, isi biodata dan juga unggah identitas seperti KTP, dan selanjutnya konfigurasi password dan juga kuisioner untuk menentukan tipe investor apakah anda.

Setelah selesai itu semua, tinggal ditunggu akun anda disetujui.

Investasi

Melakukan investasi di Bibit bisa menggunakan fitur otomatisnya atau menggunakan opsi manual, jika memilih otomatis, maka Bibit akan mengkalkulasi alokasi yang dibutuhkan berdasarkan nilai risiko yang sudah ada, dan akan membaginya menjadi bermacam jenis reksadana, dalam contoh ini, nilai risiko saya adalah 8.5, maka akan disarankan Pasar Uang 12%, Obligasi 26%, dan Saham 62%.

Jadi ada 3 jenis reksadana yang disarankan dibeli oleh saya, dan jika memutuskan untuk mengikuti anjuran dari Bibit, maka anda dapat membeli produk reksadana dari manajer investasi yang termasuk dalam tipe reksadana tersebut, manajer investasi di Bibit jika dibanding dengan Bareksa, masih lebih banyak dan lebih bervariasi di Bareksa, mungkin karena masih tergolong baru, jadi masih sedikit yang ditambahkan.

Untuk pembelian, saya pilih manajer investasinya dan lakukan transfer ke masing-masing akun manajer investasi yang anda pilih (jika mengikuti anjuran diversifikasi), dan anda juga harus melakukan konfirmasi bahwa sudah mengirim sejumlah uang yang disepakati sejumlah unit yang dibeli, pengalaman saya di sini, Bibit agak lumayan lama untuk rekonsiliasi uang transfer dan verifikasi dengan manajer investasi, setidaknya saya membutuhkan 4 hari (31 januari jam 10.19 WIB transfer diterima, dan 4 februari jam 12.50 WIB unit saya muncul di aplikasi).

bibit

Tangkapan layar dari aplikasi Bibit, sampai saat ini retun yang didapat masih sekitar 1.60%.

Mungkin seiring dengan makin matangnya aplikasi ini, dan juga tentunya jumlah pengguna yang makin banyak, banyak hal akan mengalami kemajuan, salah satunya soal rekonsialiasi ini.

Happy Investing!


Comments