HyperText Thrones

← Posts

Bersyukur

— 1 minute read (188 words) — in post

bekerja bersyukur

Sibuk lagi kerja dulu...

Itu adalah photo dan isi pesan whatsapp dari teman di grup whatsapp alumni SMP, bukan bermaksud membandingkan atau memandang beda, tapi dengan melihat photo itu, saya menjadi lebih bersyukur, banyak teman-teman saya yang harus bekerja di pabrik, dengan kondisi tempat kerja yang bisa dibilang tidak begitu nyaman, kondisi suara berisik, panas dan lainnya, atau bekerja di tempat yang mungkin beberapa orang menilai tidak layak.

Di sisi lain, saya bisa dengan nyamannya menulis blog ini, bekerja sambil mendengarkan music, ambil camilan, sambil ngopi, bebas, tidak ada yang akan datang dan bertanya mengapa terlihat “santai”.

Memang, kerja tetaplah kerja, bagaimanapun kondisinya, semua orang bekerja menukar waktunya dengan uang, sebagaimana besar waktu yang digunakan dan seberapa besar uang yang didapat irelevan, kita tidak terlahir kaya, harus bekerja untuk mendapatkan yang kita inginkan, materil, imateril.

Perbedaan tempat kerja bukan jadi tolak ukur kebahagiaan, bisa jadi teman saya yang bekerja di pabrik lebih bahagia daripada orang lain yang bekerja di tempat yang sejuk tapi tidak bahagia, selalu merasa kurang, selalu menyalahkan orang lain/negara atas kondisinya yang tidak bahagia.

Jangan lupa bersyukur.


Comments