HyperText Thrones

← Posts

200 Words a day

— less than 1 minute read (176 words) — in software, writing

Saat ini sedang giat atau mungkin tepatnya mencoba untuk giat menulis di 200wordsaday.com, website yang dibuat dan dikhususkan untuk orang yang hendak mempertajam tulisan, atau membuat kegiatan menulis ini menjadi kebiasaan.

Ada aspek komunitas di sini, dengan kita berkomunikasi dengan orang lain melalui komentar, bisa saling mengikuti dan memiliki garis waktu.

Mungkin fitur yang saya sukai adalah, ya menulis, dengan menggunakan layanan ini, kita ‘diharuskan’ untuk menulis sebanyak 200 kata atau lebih setiap hari, jika lewati hari tanpa menulis di sini, mungkin ada semacam hukuman (saya sendiri belum lewat seharipun, jadi belum lihat apa ‘hukumannya’), dan cetakan hari di kalendernya akan bolong karena kita tidak menulis hari itu.

Dengan membiasakan menulis, ada konsep reward-punishment dan juga ada orang lain yang melihat tulisan kita, diharapkan kita bisa menjaga akuntabilitas, dan mau menulis setiap hari.

Tujuan saya sendiri bukan menjadi penulis buku tentunya, hanya supaya bisa lebih banyak menuangkan apa yang ada dikepala ke dalam bentuk tulisan.


Comments