← back to home

Melakukan kebiasaan menulis setiap hari


Photo by

Membuat suatu kebiasaan itu susah, apalagi membuat kebiasaan itu dilakukan setiap waktu yang ditentukan, itu lebih susah lagi.

Di sini kebiasaan yang saya coba bangun adalah menulis setiap hari, banyak hambatan, banyak hal yang membuat menjadi malas, atau teralihnya fokus oleh berita, sosial media dan lainnya.

Pernah mencoba menulis setiap hari ini di 200Wordsaday.com, di sini penulis diminta untuk selalu menulis setiap hari atau diberikan “sanksi”, sanksi di sini adalah turunnya rating atau pencapaian yang sudah didapat setiap kali mempublikasikan tulisan di situ.

Dan seperti manusia umumnya, terhalang satu kerjaan sampai larut, hingga tidak sempat untuk menulis dan menjadikan rating kembali menjadi nol, ini tentu sangat mendemotivasi keinginan menulis lagi, meski ini merupakan satu fitur yang diharapkan penulis-penulis menjadi tergerak untuk menulis 200 kata sehari, jika tidak maka rating menjadi nol.

Ivan lanin sedang melakukan target menulis setiap hari juga sebagai bagian dari resolusi 2020, membuat saya kembali memikirkan untuk menulis lebih sering lagi, setidaknya mencobanya, meski sepertinya untuk menulis setiap hari dan mempublikasikannya agak merepotkan, akan mencoba lagi menulis dengan agak lebih sering.

Meski menulis sebenarnya tidak harus selalu dipublikasikan, bisa menulis mengenai hal teknikal, membuat dokumentasi atau hanya sekadar menulis tentang daftar yang syukuri hari ini, jadi, mungkin target menulis setiap hari bisa dicapai.

Tags: self, notes, writing, habit