← back to home

Survivorship bias



Photo by Patrick Robert Doyle

Survivorship bias Ini adalah salah satu jenis prasangka (bias) yang sering terjadi, tentu kita sering temui dan membaca artikel seperti “5 Hal yang dilakukan orang sukses!”, atau “Milyuner ini melakukan 3 hal dalam hidupnya!”, atau melihat tokoh-tokoh sukses yang bisa melakukan ini itu, berhasil dalam bidang yang mereka geluti, yang berakhir dengan cerita kisah sukses orang tersebut.

Orang-orang yang sukses tersebut menuliskan, atau ada orang lain yang menuliskan rahasia suksesnya, yang berisi kebiasaan-kebiasaan orang sukses yang menjadikannya sukses, setidaknya dalam pikiran mereka, yang kemudian orang-orang menirunya, dengan harapan bisa ikut sukses atau berhasil dalam urusannya.

Nyatanya, tidak seperti itu, hal yang orang sukses lalui berbeda-beda perjalanannya, dan kebiasaan yang mereka lakukan bukan suatu jaminan akan bisa mencetak kesuksesan yang sama juga untuk orang lain.

Mark Zuckerberg dan Bill Gates adalah pengusaha sukses yang tidak lulus kuliah, dan bukan berarti menggunakan argumen tidak lulus kuliah akan menjadi sukses, ini salah satu logical fallacy juga.

Kita lebih cenderung berkonsentrasi dan fokus pada orang yang sukses tadi, apa yang sudah/bisa mereka raih dengan kesuksesan itu, dan berasumsi misalkan contohnya orang-orang sukses bangun lebih pagi, jam 4 misalkan, dengan bangun pagi jam 4 orang tersebut bisa sukses dalam urusannya, dan tentunya banyak juga orang yang bangun jam 4 dan tidak sukses, dan jumlahnya bisa sangat banyak pastinya.


Tags: Self Development, Productivity, Psychology