HyperText Thrones

← Posts

The Great Hack: Polarisasi politik (dan agama) di Indonesia

— 1 minute read (217 words) — in writing

i feel like the main problem in US politics that, is that people are so polarized, that they can’t understand each other, and therefore they cant work together, and therefore nothing gets done.

Britanny kaiser, The Great Hack

Kutipan di atas dari film dokumenter “The Great Hack”, mengenai skandal facebook yang memperlakukan data penggunanya semena-mena, memberikan data ke pihak lain dan digunakan untuk melakukan “hacking” terhadap psikologi penggunanya, yang mana menghasilkan presiden Trump berkuasa, disadari atau tidak.

Terlepas dari Britanny ini jujur atau tidak, karena di sini keterlibatannya sangat dalam, karena dia ikut dalam upaya “hacking” tersebut.

Polarisasi terjadi diseluruh dunia, terutama yang berbeda ras, berbeda agama. Ambil contoh India, Indonesia. Terutama di Indonesia dimana saya sendiri merasakannya, terutama pada pemilihan presiden kemarin.

Orang-orang menjadi sangat terpolarisasi, teman bisa jadi musuh, di keluarga jadi musuh hanya gara-gara beda pandangan politik, dan tambahkan unsur agama ke dalam urusan pemilihan presiden ini, maka akan semakin runcing perbedaan, keluar kata-kata meng-kafir-kan yang lain.

Agama tetap menjual, seksi untuk dijadikan alat politik.

Dengan polarisasi, orang-orang menjadi tidak mengerti satu sama lain, tidak dapat bekerja sama dengan yang lain, dengan sibuknya berantem satu sama lain, tidak ada pembangunan yang bisa dilakukan secara berkesinambungan, yang dilakukan hanya ribut sesama.

Kadang berpikir, kita tidak berubah dari zaman penjajahan ya? gampang diadu.


Comments